2013-06-20

MAKALAH LENGKAP KEALAMAN DASAR



KATA PENGANTAR

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmatNya, yang telah memberikan kesempatan dan kesehatan sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini sesuai dengan waktu yang telah di rencanakan sebelumnya.
Perkembangan tekhnologi saat ini,tidak bisa di jauhkan dalam kehidupan manusia. Khususnya kita para mahasiswa. Kemajuan tekhnologi sedit banyak telah membantu kita dalam proses kehidupan ini. Tidak hanya berhuubungan dengan manusia, juga dalam bidang ilmu kealaman.
 Kehidupan manusia tidak terlepas dari adanya teknologi. Artinya, bahwa teknologi merupakan keseluruhan cara yang secara rasional mengarah pada ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia. Perkembangan teknologi terjadi bila seseorang menggunakan alat dan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya. . Kehidupan manusia tidak terlepas dari adanya teknologi. Artinya, bahwa teknologi merupakan keseluruhan cara yang secara rasional mengarah pada ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia. Perkembangan teknologi terjadi bila seseorang menggunakan alat dan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya.  
Dalam makalah ini kami mencoba memaparkan perkembanngan tekhnologi penting yang telah banyak membantu  kehidupan  manusia.



                                                                                                Makassar,27februari2013


                                                                                                           Feby Triadi




BAB I
                                                    PENDAHULUAN

A.LATAR BELAKANG
Perkembangan tekhnologi yang sudah sangat berkembang hingga saat ini. Pengaruhnya bagi kehidupan sudah sangat banyak, terlebih lagi dalam dunia pendidikan dan ilmu pengetahuan. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan.
Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif.
Anglin mendefinisikan teknologi sebagai penerapan ilmu-ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lain secara bersistem untuk memecahkan masalah. Kehidupan manusia tidak terlepas dari adanya teknologi. Artinya, bahwa teknologi merupakan keseluruhan cara yang secara rasional mengarah pada ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia. Perkembangan teknologi terjadi bila seseorang menggunakan alat dan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya.
Menurut B.J. Habiebie, ada delapan wahana transformasi yang menjadi prioritas pengembangan teknologi, terutama teknologi industri, yaitu : pesawat terbang, maritim dan perkapalan, alat transportasi, elektronika dan komunikasi, energi, rekayasa, alat-alat dan mesin-mesin pertanian, dan pertahanan dan keamanan.

B.RUMUSAN MASALAH
Sesuai dengan judul makalah kami “BEBERAPA PERKEMBANGAN TEKHNOLOGI PENTING”. Kami selaku penulis mengambil rumusan masalah:
1.      Bagaimanakah sejarah perkembangan tekhnologi ?
2.      Apa saja ruang lingkup tekhnologi penting itu?
3.      Bagaimanna aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari?

BAB II
                                                    PEMBAHASAN

A.SEJARAH PERKEMBANGAN TEKHNOLOGI
Nana Syaodih S. (1997: 67) menyatakan bahwa sebenarnya sejak dahulu teknologi sudah ada atau manusia sudah menggunakan teknologi. pada zaman duhulu, manusia memecahkan kemiri dengan batu atau memetik buah dengan galah, sesungguhnya mereka sudah menggunakan teknologi, yaitu teknologi sederhana.Teknologi berasal dari kata“techne” yang berarti “cara”  dan “logos” yang berarti “pengetahuan”. Jadi secara harfiah, teknologi dapat diartikan sebagai “pengetahuan tentang cara”. Yang dimaksud disini ialah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal pikiran dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat dan membuat kehidupan manusia lebih mudah untuk dilalui.
Menurut Jaques Ellul (1967: 1967 xxv) arti teknologi ialah keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia. Secara umum, dia mengartikan teknologi sebagai berikut:
v  Proses yang meningkatkan nilai tambah.
v  Produk yang digunakan dan dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja.
v  Merupakan struktur atau system dimana proses dan produk itu dikembangkan untuk digunakan dalam kehidupan.
Iskandar Alisyahbana , merumuskan lebih jelas dan lengkap tentang definisi teknologi yaitu cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal sehingga memperpanjang, memperkuat, dan membuat kehidupan lebih mudah untuk dijalani. Menurutnya, Teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman, lebih makmur dan lebih sejahtera.

Ada babaerapa tekhnologi penting yang sudah sangat berkembang di dunia ini. Yang telah banyak membantu dalam kehidupan manusia. Tekhnologi itu antara lain yaitu: Biotekhnologi, Tekhnologi Informasi dan Komunikasi, dan Tekhnologi Tepat Guna. Ketiga Tekhnologi ini adalah merupakan Tekhnologi yang penting.

Biotekhnologi
Bioteknologi berasal dari kata Bios yang berarti hidup, Teuchos yang berarti alat dan Logos yang berarti Ilmu. Jadi secara keseluruhan Bioteknologi dapat diartikan penggunaan organisme atau sistem hidup untuk memecahkan suatu masalah atau untuk menghasilkan produk yang berguna atau secara lengkap seperangkat teknik yang memanfaatkan organisme hidup atau  bagian dari organisme hidup, untuk menghasilkan atau  memodifikasi produk, meningkatkan kemampuan tumbuhan  dan hewan, mengembangkan mikroorganisme untuk penggunaan khusus yang berguna bagi kehidupan manusia.
            Sebenarnya Bioteknologi sederhana sudah dikenal oleh manusia sejak ribuan tahun yang lalu.
  • 8000 SM Pengumpulan benih untuk ditanam kembali. Bukti bahwa bangsa Babilonia, Mesir, dan Romawi melakukan praktik pengembangbiakan selektif (seleksi artifisal) untuk meningkatkan kualitas ternak.
  • 6000 SM Pembuatan bir, fermentasi anggur, membuat roti, membuat tempe dengan bantuan ragi
  • 4000 SM Bangsa Tionghoa membuat yogurt dan keju dengan bakteri asam laktat
  • 1500 Pengumpulan tumbuhan di seluruh dunia
  • 1665 Penemuan sel oleh Robert Hooke(Inggris) melalui mikroskop.
  • 1800 Nikolai I. Vavilov menciptakan penelitian komprehensif tentang pengembangbiakan hewan
  • 1880 Mikroorganisme ditemukan
  • 1856 Gregor Mendel mengawali genetika tumbuhan rekombinan
  • 1865 Gregor Mendel menemukan hukum hukum dalam penyampaian sifat induk ke turunannya.
Hingga pada tahun 1919 seorang Insinyur Hugaria yang bernama Karl Ereky yang pertama kali memperkenalkan istilah ‘Bioteknologi’ dalam bukunya yang berjudul Biotechnologie der Fleisch-, Fett- und Milcherzeugung im landwirtschaftlichen Grossbetriebe (Biotechnology of Meat, Fat and Milk Production in an Agricultural Large-Scale Farm)
Revolusi bioteknologi yang diawali dengan penemuan struktur heliks molekul DNA (asam deoksi ribonukleat ) oleh Watson dan Crick (1953 ) melejit pesat di pertengahan tahun 1970-an dengan berkembangnya rekayasa genetika. Perkembangan ini menjadikan bioteknologi sebagai bidang antardisiplin yang memberi harapan untuk memecahkan problem yang dihadapi umat manusia. Di awal abad 21 ini, bioteknologi telah menjadi salah satu penopang kegiatan industri terutama di negara maju. Sebaliknya penerapan dan pengembangannya di negara berkembang masih banyak menghadapi masalah dan dilema. Hal ini karena bioteknologi memerlukan padat modal dan padat teknologi untuk penelitian dan penerapannya.

Dan barikut ini akan di jelaskan 4 Gelombang perkembangan Biotekhnologi:
1.Gelombang pertama.
        Tahap ini dikenal juga sebagai era pra-pasteur, yang dicirikan oleh pemanfaatan mikroba
   ( bakteri, kapang, khamir ) untuk pengawetan dan atau pembuatan makanan/ minuman. Minuman khas Jepang ( sake ), bir, anggur, keju,yoghurt, dan pangan tradisional dari Indonesia ( tempe, oncom, kecap ) merupakan contoh hasil proses bioteknologis tradisional. Sampai tahun 1920-an, penggunaan mikroba juga dikembangkan untuk produksi bahan kimia ( aseton, butanol, asam sitrat ) dan biomassa.




2.Gelombang kedua.
Bioteknologi generasi kedua ini dimulai ketika ditemukanpenisilin oleh Fleming ( 1929 ) dan permulaan pengusahaannya dalam bentuk industri pada tahun 1944. Pada era ini ( dan sampai sekarang ) kegiatan bioteknologi diwarnai oleh proses produksi industri antibiotika, vitamin, dan asam-asam organik dengan fermentasi. Generasi kedua ini juga dikenal sebagai era antibiotika.
3.Gelombang ketiga.
Bioteknologi generasi ketiga melejit secara pesat pada paruh tahun 1970-an dengan diterapkannya rekayasa genetika untuk memanipulasi dan memperbaiki sifat organisme sebagai “agen” yang berperan penting dalam bioindustri. Berbagai produk farmasi dan kedokteran yang bernilai tinggi seperti interferon, hormon, dan vaksin diproduksi berkat rekayasa genetik ini. Teknologi hibridoma yang ditemukan Kohler dan Milstein (1975) membuka era ini untuk produksi antibodimonoklonal. Kekhasan ini menyebabkan tahapan ini juga dinamai bioteknologi baru.
4.Gelombang keempat. 
Gelombang ini dicirikan dengan perekayasaan struktur enzim ( tiga dimensi ) yang dikaji dalam bidang protein engineering. Perkembangan proses bioteknologis tidak lepas dari peran enzim sebagai biokatalis. Pengkajian sifat dan kinetika reaksi enzimatik dan perkembangan peralatan analisis, seperti kristalografi sinar X dan spektrofotometer massa yang ditopang oleh rekayasa genetik telah memunginkan ahli biokimia merekayasa enzim sesuai sifat yang diinginkan. Generasi kempat ini juga dikenal sebagai era rekayasa enzim / protein.

Dalam kaitan ini, maka bioindustri dapat diartikan sebagai penerapan bioteknologi pada kegiatan industri atau industri yang menerapkan prinsip-prinsip bioteknologi. Penerapan biokimia, mikrobiologi, dan rekayasa tersebut menjadi pilar utama bioteknologi, sedang teknologi fermentasi merupakan proses produksi suatu bahan dengan bantuan mikroba dengan cara konversi biologis. Rekayasa genetik mencakup teknik-teknik yang memungkinkan materi genetik suatu organisme hidup dimodifikasi. Dengan teknik tersebut sifat-sifat baru dapat dibentuk. Tiga teknik terakhir yang merupakan lompatan besar bioteknologi adalah teknologi rekombinasi DNA, fusi sel, dan amplifikasi gen.
Berdasar pengertian bioteknologi di atas, maka kegiatan atau sektor industri / jasa yang dapat dimasuki oleh bioteknologi menjadi sangat banyak jenis dan ragamnya, seperti kedokteran, farmasi, pertanian, industri pangan, kimia, energi, dan lingkungan.
Biotekhnologi adalah cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (bakteri,fungi,virus, , dan lain-lain) maupun produk dari makhluk hidup (enzim,alkohol) dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Saat ini, perkembangan bioteknologi tidak hanya didasari pada biologi semata, tetapi juga pada ilmu-ilmu terapan dan murni lain, seperti biokimia,komputer,biologi molekular,mikrobiologi,genetika,kimia,matematika, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, bioteknologi adalah ilmu terapan yang menggabungkan berbagai cabang ilmu dalam proses produksi barang dan jasa.
Bioteknologi secara sederhana sudah dikenal oleh manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Sebagai contoh, di bidang tekhnologi pangan adalah pembuatan bir,roti, maupun keju yang sudah dikenal sejak abad ke-19,pemuliaan tanaman untuk menghasilkan varietas -varietas baru di bidang pertanian,serta pemuliaan dan reproduksi hewan. Di bidang  med kulturis, penerapan bioteknologi di masa lalu dibuktikan antara lain dengan penemuan vaksin,antibiotik dan insulin. Walaupun masih dalam jumlah yang terbatas akibat proses fermenntasi yang tidak sempurna. Perubahan signifikan terjadi setelah penemuan bioreaktor oleh Louis Pasteur. Dengan alat ini, produksi antibiotik maupun vaksin dapat dilakukan secara massal.
Pada masa ini, bioteknologi berkembang sangat pesat, terutama di negara negara maju. Kemajuan ini ditandai dengan ditemukannya berbagai macam teknologi semisal rekayasa genetika, rekayasa genetika,kultur jaringan, DNA rekombinan,pengembangbiakan sel induk,kloning,dan lain-lain. Teknologi ini memungkinkan kita untuk memperoleh penyembuhan penyakit-penyakit genetik maupun kronis yang belum dapat disembuhkan, seperti  kanker ataupun AIDS. Penelitian di bidang pengembangan sel induk juga memungkinkan para penderita
strok ataupun penyakit lain yang mengakibatkan kehilangan atau kerusakan pada jaringan tubuh dapat sembuh seperti sediakala. Di bidang pangan dengan menggunakan teknologi rekayasa genetika, kultur jaringan dan DNA rekombinan, dapat dihasilkan tanaman dengan sifat dan produk unggul karena mengandung zat gizi yang lebih jika dibandingkan tanaman biasa, serta juga lebih tahan terhadap hama maupun tekanan lingkungan. Penerapan bioteknologi di masa ini juga dapat dijumpai pada pelestarian lingkungan hidup dari polusi.Sebagai contoh, pada penguraian minyak bumi yang tertumpah ke laut oleh bakteri, dan penguraian zat-zat yang bersifat toksik (racun) di sungai atau laut dengan menggunakan bakteri jenis baru.
Kemajuan di bidang bioteknologi tak lepas dari berbagai kontroversi yang melingkupi perkembangan teknologinya. Sebagai contoh, teknologi kloring dan  rekayasa genetika terhadap tanaman pangan mendapat kecaman dari bermacam-macam golongan.
Bioteknologi secara umum berarti meningkatkan kualitas suatu organisme melalui aplikasi teknologi. Aplikasi teknologi tersebut dapat memodifikasi fungsi biologis suatu organisme dengan menambahkan gen dari organisme lain atau merekayasa gen pada organisme tersebut.
Perubahan sifat Biologis melalui rekayasa genetika tersebut menyebabkan "lahirnya organisme baru" produk bioteknologi dengan sifat - sifat yang menguntungkan bagi manusia



Tekhnologi Informasi dan Komunikasi

TI adalah bidang pengelolaan teknologi dan mencakup berbagai bidang yang termasuk tetapi tidak terbatas pada hal-hal seperti proses, perangkat lunak komputer, sistem informasi,perangkat keras komputer,bahasa program,dan data konstruksi. Singkatnya, apa yang membuat data, informasi atau pengetahuan yang dirasakan dalam format visual apapun, melalui setiap mekanisme distribusi multimedia, dianggap bagian dari TI. TI menyediakan bisnis dengan empat set layanan inti untuk membantu menjalankan strategi bisnis: proses bisnis otomatisasi, memberikan informasi, menghubungkan dengan pelanggan, dan alat-alat produktivitas.
TI melakukan berbagai fungsi (TI Disiplin/Kompetensi) dari meng-instal
aplikasi untuk merancang jarigan komputer dan Database informasi. Beberapa tugas yang TI lakukan mungkin termasuk manajemen data, jaringan, rekayasa perangkat keras komputer, database dan desain perangkat lunak, serta manajemen dan administrasi sistem secara keseluruhan. Teknologi informasi mulai menyebar lebih jauh dari konvensional komputer pribadi dan teknologi jaringan, dan lebih ke dalam integrasi teknologi lain seperti penggunaan ponsel, televisi, mobil, dan banyak lagi, yang meningkatkan permintaan untuk pekerjaan.



Tekhnologi Tepat Guna

Teknologi tepat guna adalah
teknologi yang dirancang bagi suatu masyarakat tertentu agar dapat disesuaikan dengan aspek-aspek lingkungan, keetisan, kebudayaan, sosial, politik, dan ekonomi masyarakat yang bersangkutan. Dari tujuan yang dikehendaki, teknologi tepat guna haruslah menerapkan metode yang hemat sumber daya, mudah dirawat, dan berdampak polutif minimalis dibandingkan dengan teknologi arus utama, yang pada umumnya beremisi banyak limbah dan mencemari lingkungan. Istilah ini biasanya diterapkan untuk menjelaskan teknologi sederhana yang dianggap cocok bagi negara-negara  berkembang atau kawasan pedesaan yang kurang berkembang di negara-negara industri maju. Bentuk dari "teknologi tepat guna" ini biasanya lebih bercirikan solus “padat karya" daripada "padat tekhnologi". Kendati perangkat hemat pekerja juga digunakan, ia bukan berarti berbiaya tinggi atau mahal ongkos perawatan. Pada pelaksanaannya, teknologi tepat guna seringkali dijelaskan sebagai penggunaan teknologi paling sederhana yang dapat mencapai tujuan yang diinginkan secara efektif di suatu tempat tertentu. Dinegara maju, istilah teknologi tepat guna memiliki arti yang berlainan, seringkali merujuk pada teknik atau rekayasa yang berpandangan istimewa terhadap ranting-ranting sosial dan lingkungan.

B.RUANG LINGKUP TEKHNOLOGI PENTING

Ruang lingkup tekhnologi penting yang telah berkembang saat ini. Ruang lingkup tekhnologi penting itu adalah yaitu Biotekhnologi dan Tekhnologi Informasi dan komunikasi.

I. Biotekhnologi

Dalam rangka memenuhi dan meningkatkan mutu kebutuhan hidup, manusia memanfaatkan biologi terapan yang digabungkan dengan teknologi moderen sehingga tercipta ilmu baru yang dikenal dengan Bioteknologi atau juga sering disebut Biomasadepan. Dalam perkembangannya lebih lanjut muncullah bioteknologi kedokteran, bioteknologi farmasi, bioteknologi pertanian, bioteknologi perternakan dan sebagainya.
Beberapa ahli membagi batasaan bioteknologi sebagai berikut :
Kegiatan yang menitikberatkan pemanfaatan aktivitas biologi dalam lingkup teknologi proses dan produksi secara besar-besaran dalam industri
Pemanfaatan prinsip-prinsip ilmiah dan kerekayasaan tehadap jasad, sistem atau proses biologi untuk memproduksi benda hidup, benda mati dan jasa bagi kehidupan manusia

a. Bioteknologi Kedokteran
1) Sinar-X
Manfaat sinar-X dalam dunia kedokteran adalah digunakan untuk foto rontgen organ tubuh manusia seperti paru-paru, tulang, lambung, dll.

2) Sinar laser
Manfaat sinar laser dalam dunia kedokteran adalah digunakan dalam operasi alat-alat dalam tunuh manusia.


3) Sinar Radioaktif
Manfaat sinar-X dalam dunia kedokteran adalah digunakan untuk menyucihamakan alat alat kedokteran seperti suntikan, pisau dan gunting bedah. Dalam genetika kedokteran sinar radioaktif digunakan sebagai alat untuk mengatur dampak kelemahan untuk diperbaiki,dan sebagainya.

4) Bank Sperma dan Bayi Tabung
Bank sperma beku dan bayi tabung secara ilmiah telah banyak dilakukan dinegara yang menganut paham kebebasan dan cara seperti ini sering dilakukan oleh seorang wanita yang mengkehendaki anak diluar pernikahan atau sebuah keluaga yang telah lama menikah namun belum dikaruniai anak. Sperma dipakai untuk membuahi sel telur, jika pembuahan telah terjadi dalam tabung maka zigot ditanam kembali kedalam rahim sang ibu.

5) Pencangkokan Alat-alat Tubuh
Pencangkokan alat-alat tubuh yang dalam keadaan biasa akan selalu ditolak karna hal tersebut merupakan benda asing bagi pasien namun melalui bioteknologi dengan perantara gen maka pencangkokan dapat dilaksanakan dengan baik. Alat-alat tubuh yang bisa dicangkok adalah ginjal, kelenjar hati, kelenjar pulau langerhans pada pengkreas.

6) Rekayasa Genetika
Dengan rekayasa genetika dapat diciptakan vaksin yang dapat menghasilkan immuglobin (zat kebal) terhadap beberapa penyakit seperti hepatitis, kanker hati, dan lepra. Dengan rekayasa genetika juga paraahli dapat menciptakan vaksin untuk penyakit hemifili, yaitu penyakit keturunan yang mengakibatkan darah penderita sukar membeku.

b. Bioteknologi Farmasi
Dalam memerangi penyakit-penyakit yang disebakan oleh antigen atau bibit penyakit yang digunakan berbagai macam obat, yang pada zaman dahulu berupa ramuan beberapa macam tumbuhan yang berupa sari atau ekstrak. Tetapi pada zaman sekarang sesuai dengan kemajuan teknologi maka dibuat zat sintetis dan pada saat mutakhir, melalui biologi melekular dan rekayasa genetika, tubuh dipacu untuk memproduksi obat-obat sendiri. Obat-obatan hasil bioteknologi tersebut antara lain humulin untuk diabetes, protopin yang merupakan hormon pertumbuhan untuk memperbaiki anak-anak yang mengalami keterbelakangan pertumbuhan, alfainterferon untuk pengobatan sejenis leukimia, dan sebagainya.


c. Bioteknologi Pertanian
Dalam rangka mencukupi kebutuhan pangan dunia yang terus meningkat maka produksi makanan secara knvensional tidak dapat memenuhinya, oleh karna itu dicari jalan melalui bioteknologi pertanian yang antara lain :
1) Penggunaan Hormon Pertumbuhan
Penggunaan hormon pertumbuhan yang mengubah tumbuhan dari diploidi menjadi poliploidi sehingga dihasilkan produk yang “raksaksa” misalnya buah tomat, lobak, dll.

2) Kultur Jaringan
Dalam mempercepat pembibitan tanaman, kultur jaringan lebih cepat tiga puluh kali dari pada cara tradisional. Dengan demikian dapat mengatasi keterlambatan dan kekurangan bibit dalam masa tanam dan juga meningkatkan kualitas panen.
 Dalam perbanyakan tumbuhan secara kloning pada tumbuhan hias dan tumbuhan bernilai ekonomi tinggi dapat dilakukan secara besar-besaran dengan kultur jaringan. Untuk perbaikan sifat tumbuhan, maka silang somatik dengan kultur jaringan dapat dibuat keragaman genetik dalam memperoleh tumbuhan yang memiliki sifat unggul. Untik penelitin penyakit tumbuhan, kultur jaringan dapat mengusahakan keragaman yang bebas virus dari tumbuhan yang terserang. Kultur jatingan juga dapat membuat tanaman toleran terhadap stres serta kultur jaringan juga dapat melestarikan plasma nutfa yang disimpan ditempat yang dingin.

3) Rekayasa Genetika
Rekayasa genetika (Ing. genetic engineering) dalam arti paling luas adalah penerapan genetika untuk kepentingan manusia. Dengan pengertian ini kegiatan pemuliaan hewan atautanaman melalui seleksi dalam populasi dapat dimasukkan. Demikian pula penerapan mutasi buatan tanpa target dapat pula dimasukkan. Walaupun demikian, masyarakat ilmiah sekarang lebih bersepakat dengan batasan yang lebih sempit, yaitu penerapan teknik-teknik biologi molekular  untuk mengubah susunan genetik dalamkromosom atau mengubah sistemekspresigenetik yang diarahkan pada kemanfaatan tertentu.
Obyek rekayasa genetika mencakup hampir semua golonganorganisme, mulai dari bakteri,fungi,hewan tingkat rendah, hewan tingkat tinggi, hingga tumbuh-tumbuhan. Bidang kedokteran dan farmasi paling banyak berinvestasi di bidang yang relatif baru ini. Sementara itu bidang lain, seperti ilmu pangan,kedokteran hewan,pertanian (termasuk peternakan dan perikanan dan), serta tekniklingkungan juga telah melibatkan ilmu ini untuk mengembangkan bidang masing-masing.


4. Bioteknologi Perternakan
Para ahli perternakan juga memanfaatkan bioteknologi perternakan, yakni penerapan rekayaa genetika yang melalui dua tahap,yaitu:
1) Untuk memproduksi vaksin dan obat serta hormon pertumbuhan ternak
2) Melibatkan hewan dapat tumbuh lebih cepat dan makannya lebih sedikit, atau menjadi ternak yang lebih unggul.


II. Tekhnologi Informasi dan Komunikasi

Ilmu Alamiah Dasar telah memberikan sumbangan yang besar terhadap perkembangan komunikasi dan informasi. Dengan teknologi informasi yang berkembang sangat pesat maka segala informasi dapat segera disampaikan keseluruh penjuru dunia.

Inilah beberapa ruang lingkup Tekhnologi Informasi dan Komunikasi:
1. Percetakan
 Percetakan sebagai alat yang menghasilkan media komunikasi antar manusia. Dengan media massa berupa koran, kini suatu berita dapat diikuti oleh orang banyak dalam waktu yang pendek, meskipun penyebarannya masih tergantung pada alat tranportasi.

2. Telegraf
Telegraf ditemukan sejak abad ke-18. keunggulan telegraf adalah membuat orang dapat berkomunikasi jarak jauh, namun telegraf hanya dapat mengirimkan tanda-tanda yang harus diterjemahkan terlebih dahulu dan kemudian baru dikirim kembali jawaban yang juga harus diterjemahkan lagi.

3. Telepon
Telepon ditemukan oleh Bell pada tahun 1876. keunggulan telepon adalah orang dapat berbicara langsung dan menerima pembicaraan atau jawaban sebagaimana layaknya orang berbicara satu dengan yang lainnya.

4. Radio
Radio dapat mengirimkan pesan-pesan atau informasi tanpa menggunakan kawat seperti telegraf dan telepon. Informasi tersebut dipancarkan melalui pemancar udara dengan demikian orang dapat berkomunikasi walaupun diatas kapal yang tengah berlayar disamudra.

5. Bioskop atau Gambar Hidup
Salah satu alat komunikasi massa yang sangat menggesankan yang menyajikan gambar hidup dan bergerak sehingga pesan yang dikomunikasikan menjadi lengkap dan mudah dimengerti.

6. Televisi
Televisi ditemukan pada abad ke-20. televisi dapat mengirimkan pesan melalui suara maupun gambar. Dengan televisi orang dapat menggirimkan dan menerima berita yang lengkap, hiburan yang bermutu serta orang dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan dan penerangan.

7. Satelit Komunikasi
Satelit komunikasi juga stelit (buatan manusia) yang beredar mengelilingi bumi. Dengan adanya satelit komunikasi maka informasi dapat disampaikan dengan lebih efektif dan efisien melalui media yang beragam seperti televisi, radio, telepon, dll. Penyebaran ilmu pengetahuan yang sangat cepat diharapkan dapat menimbulkan saling pengertian antar manusia diseluruh dunia. Untuk negara indonesia yang masih berkembang, satelit komunikasi sangatlah penting.



8. Komputer
Komputer merupakan hasil pengembangan lebih lanjut dari perkembangn listrik (elektronika) dan dari komputer manusia dapat mengembangkan alat-alat lainnya,contohnya :
      1)    Telepon Ensiklopedia , 2) Robot pelayanan rumah tangga , 3) Internet , 4) Pusat informatika  5) Komputer simulasi, 6) Robot pekerja , 7) Komputer analisis


C.PENERAPAN APLIKASI TEKHNOLOGI PENTING

Berikut ini akan di jelaskan penerapan aplikasi Tekhnologi Penting bagi kehidupan


Biotekhnologi

Dalam kaitan ini, maka bioindustri dapat diartikan sebagai penerapan bioteknologi pada kegiatan industri atau industri yang menerapkan prinsip-prinsip bioteknologi. Penerapan biokimia, mikrobiologi.
Rekayasa tersebut menjadi pilar utama bioteknologi, sedang teknologi fermentasi merupakan proses produksi suatu bahan dengan bantuan mikroba dengan cara konversi biologis. Rekayasa genetik mencakup teknik-teknik yang memungkinkan materi genetik suatu organisme hidup dimodifikasi. Dengan teknik tersebut sifat-sifat baru dapat dibentuk. Tiga teknik terakhir yang merupakan lompatan besar bioteknologi adalah teknologi rekombinasi DNA, fusi sel, dan amplifikasi gen.
Berdasar pengertian bioteknologi di atas, maka kegiatan atau sektor industri / jasa yang dapat dimasuki oleh bioteknologi menjadi sangat banyak jenis dan ragamnya, seperti kedokteran, farmasi, pertanian, industri pangan, kimia, energi, dan lingkungan.
Di bawah ini akan di jelaskan penerapan aplikasi biotekhnologi akan di jelaskan di bawah ini.
Aplikasi Bioteknologi
Tabel 1. Sektor aktivitas bioteknologi dan produk utamanya
Sektor
Produk utama
Kedokteran-Farmasi
Antibiotika, vaksin, vitamin, steroid, hormon, antibodi, interferon, pereaksi untuk diagnostik, inhibitor enzim
Industri Pangan
Minuman beralkohol, produk susu, bahan penguat rasa, protein sel tunggal, asam amino, asam organik, enzim, nukleotida, zat pemanis, zat pewarna, aroma, antioksidan
Pertanian
Biopestisida, pakan ternak, silase, pupuk, bakteri penambat N, tanaman unggul, produksi embrio
Kimia
Etanol, asetaldehida, aseton, butanol, butadien, asam organik, biopolimer, gliserol, furfural, surfaktan, parfum
Energi
Etanol, aseton, butanol, metana, hidrogen, biomassa
Lingkungan
Penanganan air, penanganan limbah, pendayagunaan limbah dan residu organik, akumulasi dan pengambilan metal, defosfatisasi dan denitrifikasi, detoksifikasi





Berdasar dari tingkatan teknologi & nilai ekonominya dapat dibedakan sesuai dengan sektor industri dan jenis produk yang dihasilkan, seperti dalam tabel 2.

Tabel 2. Sektor aktivitas bioindustri, nilai produk yang dihasilkan, dan tingkat teknologi.
Sektor
Produk
Tingkat Teknologi
Nilai ekonomi
Kedokteran &
Farmasi
Interveron, hormon, antibiotika, vaksin
Tinggi ( canggih )
Tinggi
Kimia &
Industri Pangan
Asam amino, enzim, biomassa, asam organik, polimer, food additive
Sedang
Sedang
Lingkungan &
Energi
Metana, aseton, etanol, penanganan limbah, pakan hewan
Rendah ( sederhana )
Rendah
          
   Namun dalan kesempatan ini saya hanya akan menjelaskan penerapan Bioteknologi dalam keseharian yang sektor Industri pangan dan sektor Pertanian.

Ø  Bioteknologi Dalam Produksi Pangan
      1.Makanan Bahan Susu
Prinsipnya adalah memfermentasi susu menghasilkan asam laktat.
1. Keju
Mikroba: Propiabacterium (bakteri asam laktat) yang juga berperan memberi rasa dan tekstur keju.
2.Yoghurt
Mikroba: 1. Lactobacillusbulgaris Þ pemberi rasa dan aroma
              2. Streptococcus thermophilus Þ menambah keasaman
3.    Mentega
Mikroba: Leuconostoc cremoris

2. Makanan Non Susu

1.    Roti, asinan, dan alkohol (bir, anggur “wine”, rum), oleh ragi
2.    Kecap, oleh Aspergillus oryzae
3.    Nata de Coco, oleh Acetobacter xilinum
      Prinsipnya adalah pemecahan amilum oleh mikroba menghasilkan gula, yang kemudian                 difermentasi.
4.    Cuka, oleh Acetobacter aseti
      Alkohol difermentasi dalam kondisi aerob.


Ø  Bioteknologi Dalam Industri

1.Asam Sitrat
mikroba : Aspergillus niger
bahan : tetes gula dan sirup
Fs. Asam Sitrat : pemberi citarasa, pengemulsi susu, dan antioksidan. Umumnya asam ini banyak terdapat pada jeruk.

2.    Vitamin
- B1 oleh Assbya gossipii
- B12 oleh Propionibacterium dan Pseudomonas

3.Enzim
a. Amilase Þ digunakan dalam produksi sirup, kanji, glukosa.
   Glukosa isomerase : mengubah amilum menjadi fruktosa.
   Fruktosa digunakan sebagai pemanis makanan menggantikan sukrosa.
   mikroba: Aspergillus niger
                  Aspergillus oryzae
                  Bacillus subtilis
b.   Protease
- digunakan antara lain dalam produksi roti, bir
- protease proteolitik berfungsi sebagai pelunak daging dan ..campuran deterjen untuk      menghilangkan noda protein
mikroba: Aspergillus oryzae
                Bacillus subtilis
c.    Lipase
Antara lain dalam produksi susu dan keju Þ untak meningkatkan cita rasa.
mikroba: Aspergillus niger
               Rhizopus spp
d.   Asam Amino
- asam glutamat Þ bahan utama MSG (Monosodium Glutamat)
- Lisin Þ asam amino esensial, dibutuhkan dalam jumlah besar oleh ternak.
Keduanya oleh Corynobacterium glutamicum


Tekhnologi Informasi dan Komunikasi
1. Aplikasi TIK Pada Bidang Pendidikan
Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran-pergeseran dalam dunia pendidikan dari tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka dan lebih fleksibel.
Penerapan TIK pada bidang pendidikan telah memberikan kontribusi bagi perkembangan teknologi pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari sering dijumpai kombinasi teknologi audio/data, video/data, audio/video, dan internet.
Internet merupakan alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik.
Dengan hadirnya e-learning setiap Siswa bisa mengakses materi pembelajaran yang disediakan melalui situs. Siswa bisa berinteraksi dengan Guru atau dengan Siswa lain tanpa harus harus hadir dikelas. Materi pembelajaran online, membuat siapa saja bisa mengakses materi tersebut tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu.
Adapun kecenderungan dunia pendidikan di Indonesia di masa mendatang adalah berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus belajar jarak jauh (Distance Learning). Kemudahan untuk menyelenggarakan pendidikan terbuka dan jarak jauh telah menjadi perhatian pemerintah sebagai strategi utama. Sharing resources antar lembaga pendidikan/latihan dalam sebuah jaringan. Perpustakaan dan instrumen pendidikan lainnya seperti Guru dan laboratorium akan berubah fungsi menjadi sumber informasi.
Penggunaan perangkat Teknologi Informasi interaktif, seperti CD-ROM dan Multimedia, dalam pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan Video.
Dengan perkembangan Teknologi Informasi dalam bidang pendidikan, sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh menggunakan media internet untuk menghubungkan antara peserta didik dengan pendidiknya, melihat nilai peserta didik secara online, mengecek keuangan, melihat jadwal pelajaran, mengirimkan berkas tugas yang diberikan pendidik dan sebagainya. Faktor utama dalam Distance Learning yang selama ini dianggap masalah adalah tidak adanya interaksi antara pendidik dan peserta didik.
Dengan media internet, sangat dimungkinkan untuk melakukan interaksi antara pendidik dan peserta didik baik dalam bentuk real time (waktu nyata) atau tidak. Melalui bentuk real time dapat dilakukan dalam suatu chatroom, interaksi langsung dengan real audio atau real video, dan online meeting. Bentuk tidak real time bisa dilakukan dengan mailing list, discussion group, newsgroup, dan buletin board. Dengan cara di atas interaksi pendidik dan peserta didik di kelas dapat digantikan walaupun tidak secara utuh.
Salah satu contoh aplikasi TIK dalam bidang Pendidikan lebih dikenal dengan e-education, dengan adanya TIK dibidang pendidikan maka membuka peluang Distance Learning atau pembelajaran jarak jauh, sharing resource atau berbagi sumber daya antar lembaga pendidikan, perpustakaan online, CD-interaktif yang menjadikan pembelajaran semakin menyenangkan, adanya kuliah online dan sebagainya.

2. Aplikasi TIK Pada Bidang Kesehatan dan Kedokteran
Penerapan TIK dalam bidang kesehatan telah mengubah pola juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien, yaitu dengan sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien. Digunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.
Perkembangan Teknologi Komputer (informasi) yang begitu pesat telah merambah ke berbagai sektor termasuk kesehatan. Meskipun dunia kesehatan (dan medis) merupakan bidang yang bersifat information-intensive, akan tetapi adopsi teknologi komputer relatif tertinggal. Sebagai contoh, ketika transaksi finansial secara elektronik sudah menjadi salah satu prosedur standar dalam dunia perbankan, sebagian besar rumah sakit di Indonesia baru dalam tahap perencanaan pengembangan billing system.
Meskipun rumah sakit dikenal sebagai organisasi yang padat modal-padat karya, tetapi investasi Teknologi Informasi masih merupakan bagian kecil. Di AS, negara yang relatif maju baik dari sisi anggaran kesehatan maupun Teknologi Informasi komputer, rumah sakit rata-rata hanya menginvestasinya 2% untuk Teknologi Informasi.
Disisi yang lain, masyarakat menyadari bahwa Teknologi komputer merupakan salah satu tool penting dalam peradaban manusia untuk mengatasi (sebagian) masalah derasnya arus informasi. Teknologi Informasi dan Komunikasi komputer saat ini adalah bagian penting dalam manajemen informasi. Di dunia medis, dengan perkembangan pengetahuan yang begitu cepat (kurang lebih 750.000 artikel terbaru di jurnal kedokteran dipublikasikan tiap tahun), dokter akan cepat tertinggal jika tidak memanfaatkan berbagai tool untuk mengudapte perkembangan terbaru.
Selain memiliki potensi dalam memfilter data dan mengolah menjadi informasi, TI mampu menyimpannya dengan jumlah kapasitas jauh lebih banyak dari cara-cara manual. Konvergensi dengan Teknologi Komunikasi juga memungkinkan data kesehatan di-share secara mudah dan cepat. Disamping itu, Teknologi memiliki karakteristik perkembangan yang sangat cepat. Setiap dua tahun, akan muncul produk baru dengan kemampuan pengolahan yang dua kali lebih cepat dan kapasitas penyimpanan dua kali lebih besar serta berbagai aplikasi inovatif terbaru. Dengan berbagai potensinya ini, adalah naif apabila manajemen informasi kesehatan di rumah sakit tidak memberikan perhatian istimewa. Kami secara khusus akan membahas perkembangan Teknologi Informasi untuk mendukung manajemen rekam medis secara lebih efektif dan efisien. Makalah  ini akan dimulai dengan berbagai contoh aplikasi Teknologi Informasi, faktor yang mempengaruhi keberhasilan serta refleksi bagi komunitas rekam medis.
Pelayanan kesehatan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) komputer, atau yang biasa disebut sebagai e-Health, tengah mendapat banyak perhatian dunia. Terutama disebabkan oleh janji dan peluang bahwa Teknologi mampu meningkatkan kualitas kehidupan manusia. Tulisan ini mencoba mengulas bagaimana sebenarnya e-Health tersebut dan bagaimana implikasi Teknologi dalam meningkatkan pelayanan kesehatan.
Pengertian e-Health sendiri secara luas dapat bermakna bidang pengetahuan baru yang merupakan persilangan dari informasi medis, kesehatan public, dan usaha, berkaitan dengan jasa pelayanan dan informasi kesehatan yang dipertukarkan atau ditingkatkan melalui saluran internet dan teknologi berkaitan dengannya.
Dalam pengertian lebih luas, e-Health dapat diartikan sebagai tidak hanya pengembangan Teknologi pelayanan kesehatan, namun juga mencakup pengembangan sikap, perilaku, komitmen, dan tata cara berpikir untuk mengembangkan pelayanan kesehatan dengan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Salah satu aplikasi TIK dalam bidang kesehatan, adanya USG (ultrasonografi) yang bermanfaat untuk melihat organ dalam, Radiologi yang digunakan untuk melihat tulang dan sebagainya.


3. Aplikasi TIK Pada Bidang Sains Teknik
Salah satu aplikasi TIK pada bidang sains salah satunya dikanal dengan geostrategi. Geostrategi merupakan strategi dalam memanfaatkan kondisi geografi negara untuk menentukan tujuan dan kebijakan Negara.
Di dalam imlplementasi sains ini, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), terutama Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), memiliki peranan yang sangat krusial. Mengingat bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, dengan lebih dari 17.000 pulau, maka tidak dapat disanggah lagi bahwa kebutuhan akan komunikasi dan informasi sangatlah penting.
TIK berperan dalam menyediakan sarana dan prasarana untuk melakukan komunikasi dan bertukar informasi yang dapat mencakup seluruh pulau-pulau yang ada di Indonesia. Bayangkan saja semisal Indonesia tidak memiliki Teknologi Komunikasi yang memadai.
Teknologi Informasi dan Komunikasi yang ada sekarang ini, mulai dari telepon, televisi, hingga internet akan membuat peredaran informasi berjalan lebih cepat sehingga dapat menunjang ketahanan nasional.
Selain hal-hal di atas teknologi informasi dan komunikasi, terutama internet, juga rawan terhadap serangan dari para hacker. Seperti yang pada kasus Wikileaks misalnya, para hacker berhasil menjebol jaringan internet pemerintah Amerika Serikat. Meskipun tingkat keamanan jaringan sudah sangat tinggi, para hacker masih bisa mencuri beberapa dokumen rahasia kemudian disebarluaskan melalui wikileaks. Hal ini tentunya akan menjadi ancaman yang serius bagi negara. Meski tak seheboh wikileaks, hal ini sebenarnya juga terjadi di Indonesia dengan adanya Indoleaks.
Salah satu contoh aplikasi TIK pada bidang sains dapat dilihat dari adanya alat pendeteksi gempa atau letusan merapi sehingga dapat di antisipasi sebelum terjadi bencana besar sebelum memakan korban yang banyak.

4. Aplikasi TIK Pada Bidang Ekonomi dan Administrasi Umum
Jika dilihat pada saat sekarang ini perkembangan teknologi informasi terutama di Indonesia semakin berkembang. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja.
Dalam perekonomian suatu negara, teknologi informasi mulai dirasa mempunyai peran yang penting dalam perekonomian suatu negara karena dengan berkembangnya teknologi informasi, perekonomian suatu negar mulai memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan.
Banyak hal yang dirasa berbeda dan berubah dibandingkan dengan cara yang berkembang sebelumnya. Saat sekarang ini jarak dan waktu bukanlah sebagai masalah yang berarti untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, berbagai aplikasi tercipta untuk memfasilitasinya.
Perekonomian suatu negara dapat dilihat dari perkembangan teknologi informasi dan komunikai di negara tersebut. Semakin tinggi perkembangan teknologi informasi maka semakin tinggi pula pertumbuhan ekonomi negara tersebut.
Salah satu contoh aplikasi TIK pada bidang ekonomi adalah adanya layanan internet yang digunakan dalam proses penjualan saham yang biasanya dijalankan oleh para Trader atau biasa di kenal dengan akuntan.

5. Aplikasi TIK Pada Bidang Perbankan
Sekarang telah banyak pelaku ekonomi, khususnya di kota-kota besar yang tidak lagi menggunakan uang tunai dalam transaksi pembayarannya, tetapi telah memanfaatkan layanan perbankan modern. Layanan perbankan modern yang hanya ada di kota-kota besar ini dapat dimaklumi karena pertumbuhan ekonomi saat ini yang masih terpusat di kota-kota besar saja, yang menyebabkan perputaran uang juga terpusat di kota-kota besar. Sehingga sektor perbankan pun agak lamban dalam ekspansinya ke daerah-daerah. Hal ini sedikit banyak disebabkan oleh kondisi infrastruktur sekarang selain aspek geografis Indonesia yang unik dan luas.
Untuk menunjang keberhasilan operasional sebuah lembaga keuangan/perbankan seperti bank, sudah pasti diperlukan sistem informasi yang handal yang dapat diakses dengan mudah oleh nasabahnya, yang pada akhirnya akan bergantung pada teknologi informasi online.
Perkembangan teknologi informasi Indonesia sangat dipengaruhi oleh kemampuan sumber daya manusia dalam memahami komponen teknologi informasi, seperti perangkat keras dan perangkat lunak komputer; sistem jaringan baik berupa LAN (Local Area Network) ataupun WAN (Wide Area Network) dan sistem telekomunikasi yang akan digunakan untuk mentransfer data. Kebutuhan akan tenaga yang berbasis teknologi informasi masih terus meningkat; hal ini bisa terlihat dengan banyaknya jenis pekerjaan yang memerlukan kemampuan di bidang teknologi informasi di berbagai bidang; juga jumlah SDM (Sumber Daya Manusia) berkemampuan di bidang teknologi informasi masih sedikit, bila dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia.
Diperlukan suatu kerangka teknologi informasi nasional yang akan mewujudkan masyarakat Indonesia siap menghadapi ASEAN Free Trade Area (AFTA) yang dapat menyediakan akses universal terhadap informasi kepada masyarakat luas secara adil dan merata, meningkatkan koordinasi dan pendayagunaan informasi secara optimal, meningkatkan efisiensi dan produktivitas, meningkatkan kualitas dan kuantitas sumberdaya manusia, meningkatkan pemanfaatan infrastruktur teknologi informasi, termasuk penerapan peraturan perundang-undangan yang mendukungnya; mendorong pertumbuhan ekonomi dengan pemanfaatan dan pengembangan teknologi informasi. Inilah salah satu kenyataan globalisasi perekonomian dunia yang nyata. Integrasi perekonomian nasional dengan perekonomian regional/global seperti AFTA, APEC, WTO/GATT memang tidak bisa dihindari. Kenyataan integrasi perekonomian dunia ini memang harus kita siapkan dan hadapi.
sebagai contoh dari aplikasi TIK pada bidang perbankan adalah seorang nasabah dapat menarik uang dimanapun dia berada selama masih ada layanan ATM (Anjungan Tunai Mandiri) dari bank tersebut, atau seorang nasabah dapat mengecek saldo dan mentransfer uang tersebut ke rekening yang lain hanya dalam hitungan menit saja, semua transaksi dapat dilakukan.

6. Aplikasi TIK Pada Bidang Industri dan Manufaktur
Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia industri.
Dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan dan dirasakan saat ini dengan berkembangnya E-Commerce memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan Produsen yang menjual suatu produk sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi, dan yang lebih penting konsumen tidak perlu pergi ke toko.
Perkembangan e-commerce di Indonesia sendiri telah ada sejak tahun 1996, dengan berdirinya Dyviacom Intrabumi atau D-Net (www.dnet.net.id) sebagai perintis transaksi online. Wahana transaksi berupa mal online yang disebut D-Mall (diakses lewat D-Net) ini telah menampung sekitar 33 toko online/merchant. Produk yang dijual bermacam-macam, mulai dari makanan, aksesori, pakaian, produk perkantoran sampai furniture. Selain itu, berdiri pula http://www.ecommerce-indonesia.com/, tempat penjualan online berbasis internet yang memiliki fasilitas lengkap seperti adanya bagian depan toko (storefront) dan shopping cart (keranjang belanja). Selain itu, ada juga Commerce Net Indonesia – yang beralamat di http://isp.commerce.net.id/. Sebagai Commerce Service Provider (CSP) pertama di Indonesia, Commerce Net Indonesia menawarkan kemudahan dalam melakukan jual beli di internet.
Indonesia sendiri telah bekerjasama dengan lembaga-lembaga yang membutuhkan e-commerce, untuk melayani konsumen seperti PT Telkom dan Bank International Indonesia. Selain itu, terdapat pula tujuh situs yang menjadi anggota Commerce Net Indonesia, yaitu Plasa.com, Interactive Mall 2000, Officeland, Kompas Cyber Media, Mizan Online Telecommunication Mall dan Trikomsel.
Salah satu contoh aplikasi TIK pada bidang Industri dilihat dengan kehadiran e-commerce sebagai media transaksi baru ini tentunya menguntungkan banyak pihak, baik pihak konsumen, maupun pihak produsen dan penjual (retailer). Dengan menggunakan internet, proses perniagaan dapat dilakukan dengan menghemat biaya dan waktu.

7. Aplikasi TIK Pada Bidang Transportasi
Kehadiran teknologi, informasi dan komunikasi sangat berdampak baik pada bidang transportasi. Ini dapat dilihat dengan makin banyak jenis kendaraan yang digunakan manusia dalam menjalankan proses kehidupannya tiap hari.
Adanya berbagai macam alat transportasi semakin memudahkan manusia dalam melakukan aktifitasnya. Ini dapat dilihat dari semua aspek kehidupan manusia sangat besar dijalankan oleh alat transportasi.
Kecenderungan pemanfaatannya selain sebagai media niaga juga dimanfaatkan sebagai media jasa. Penciptaan berbagai macam kendaraan tersebut erat hubungannya secara langsung dengan adanya TIK.
Dengan TIK manusia mempelajari berbagai macam hal sehingga mampu menciptakan alat-alat transportasi secara inovasi dan sangat baik.
Salah satu contoh aplikasi TIK pada bidang transportasi dapat kita lihat dari adanya mesin agro pada taksi yang berguna untuk menghitung biaya yang harus dikenakan kepada pengguna jasa taksi.

8. Apliksi TIK Pada Bidang Pertahanan Keamanan
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK), terutama Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), memiliki peranan yang sangat krusial. Mengingat bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, dengan lebih dari 17.000 pulau, maka tidak dapat disanggah lagi bahwa kebutuhan akan komunikasi dan informasi sangatlah penting.
TIK berperan dalam menyediakan sarana dan prasarana untuk melakukan komunikasi dan bertukar informasi yang dapat mencakup seluruh pulau-pulau yang ada di Indonesia. Bayangkan saja semisal Indonesia tidak memiliki Teknologi Komunikasi yang memadai, jika suatu saat di suatu pulau atau daerah terjadi bencana dan daerah tersebut tidak bisa menghubungi daerah lain karena keterbatasan teknologi yang kita miliki, tentu saja hal tersebut akan mencoreng ketahanan nasional yang dimiliki oleh Indonesia. Sebagai contoh yang belum lama terjadi yaitu ketika terjadi tsunami di kepulauan Mentawai, di mana informasi bencana tersebut baru tersebar setelah beberapa hari. Padahal selama beberapa hari tersebut saudara-saudara kita di sana banyak yang menderita dan membutuhkan bantuan.
Selain itu TIK yang memadai, harus memiliki kemampuan untuk berkomunikasi bukan hanya di darat saja tetapi juga di laut, mengingat bahwa sebagian besar wilayah Indonesia adalah lautan. Di dalam upaya menjaga pertahanan dan keamanan perairan Indonesia, TIK akan membantu memperlancar komunikasi dan koordinasi antar kapal. Dengan kemampuan teknologi informasi dan komunikasi yang dapat mencakup pulau-pulau dan perairan di seluruh Indonesia, maka diharapkan TIK ini akan mendukung kesatuan seluruh wilayah negara Indonesia.
Dengan adanya Teknologi Informasi dan Komunikasi yang memadai, bukan hanya bidang pertahanan dan keamanan saja yang akan memdapat keuntungan akan tetapi di semua bidang ketahanan nasional meliputi ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan.
Teknologi Informasi dan Komunikasi yang ada sekarang ini, mulai dari telepon, televisi, hingga internet akan membuat peredaran informasi berjalan lebih cepat sehingga dapat menunjang ketahanan nasional. Akan tetapi teknologi informasi dan komunikasi ini bagaikan pedang bermata dua. Selain sebagai salah satu komponen yang penting, TIK juga merupakan salah satu titik rawan untuk dijadikan sasaran dari pihak luar sehingga dapat mengancam ketahanan nasional. Lewat teknologi informasi dan komunikasi ini pihak-pihak tertentu dapat menyebarluaskan serangannya ke seluruh penjuru Indonesia tanpa bersusah payah. Serangan ini tentunya bukan berupa serangan fisik, melainkan berupa serangan informasi misalnya dengan menyebarkan informasi palsu atau isu-isu tertentu yang dapat membuat panik warga, seperti yang terjadi pada bencana merapi yang lalu. Contoh yang lain juga bisa berupa penyebaran ideologi-ideologi atau paham-paham yang bertentangan dengan pancasila dan norma-norma yang diselipkan lewat siaran-siaran di televisi. Paham-paham yang diselipkan ini seperti hedonisme, fanatisme, dan lainnya dapat secara perlahan dan tidak sadar akan ditiru oleh para penontonnya sehingga dapat merusak moral dan nilai-nilai yang menjadi identitas bangsa. Hal ini akan memberikan dampak yang besar terutama pada generasi muda yang mana masih labil dan mudah terpengaruh, padahal di lain sisi, generasi muda inilah yang akan menjadi penerus bangsa dan hendaknya dapat menjaga dan memelihara nilai-nilai yang menjadi identitas bangsa Indonesia.
Salah satu contoh aplikasi dari TIK dalam bidang Pertahanan Keamanan yakni adanya alat pendeteksi keberadaan musuh yang dimiliki oleh TNI yang bisa dinamakan sebagai radar. Fungsi radar yakni untuk mengetahui keberadaan unsure-unsur asing yang memasuki wilyah Indonesia.

9.Aplikasi TIK Dalam Bidang Teknik
Kesadaran pentingnya peranan Teknologi Komunikasi dan Informasi yang biasanya disebut ICT (Information and Communication Technologi), bukan hanya monopoli kalangan insinyur-insinyur besar tetapi juga bagi kalangan insinyur kecil dan kekuatan-kekuatan masyarakat lain, seperti para arsitek. ICT diyakini berperan penting dalam pengembangan bisnis, kelembagaan organisasi, dan juga mampu mendorong percepatan kegiatan teknik dan taraf hidup masyarakat.
Salah satu contoh Teknologi Informasi Komunikasi yaitu internet. Internet menyajikan dunia secara tanpa batas. Lewat sarana inilah diharapkan dapat digunakan untuk mencari segala informasi yang dibutuhkan dan dapat pula digunakan oleh masyarakat desa untuk meningkatkan kesejahteraan perekonomian yang sangat nyata pada saat ini sangat membutuhkan teknik baru melalui korespondensi dengan orang lain atau perusahaan di berbagai penjuru dunia baik Informasi terkini maupun informasi terlama bisa didapat dan dikirimkan dengan cepat. Selama ini masalah yang dihadapi oleh masyarakat desa disebabkan kurangnya informasi yang baru dan tepat. Informasi dari internet berfungsi sebagai langkah awal untuk menyelesaikan masalah yang kemudian ditindaklanjuti dengan kegiatan yang lain.
Pengenalan internet bisa dimulai dari para pemuka masyarakatnya. Para pemimpin tersebut perlu diyakinkan akan efektivitas internet dalam membidik sasaran-sasaran pembangunan yang memerlukan teknik-teknik khusus. Dengan demikian manfaat TIK dapat cepat disebarluaskan kepada masyarakat banyak melalui para pemuka masyarakat tersebut. Struktur masyarakat perdesaan tersusun dalam kelompok-kelompok, baik itu kelompok usaha, kesenian, ataupun kelompok social lainnya, yang masing-masing mempunyai pemimpinnya. Para pemuka masyarakat dapat diberdayakan untuk menunjukkan manfaat internet bagi setiap kelompoknya. Pemberdayaan tersebut dapat dilakukan melalui kampanye lokal, pelatihan-pelatihan dan proyek percontohan.

Tekhnologi Tepat Guna
 Di negara kita ini misalnya, sebagian besar penerapan Tekhnologi Informasi telah di terapkan setiap hari oleh masyarakat Indonesia. Khususnya di bidang Internet memanfaatkan Penggunaan teknologi sudah seharusnya guna meringankan kehidupan manusia. Salah satunya dapat diterapkan dalam usahatani, terkususnya pada sector on – farm dan pengolahan. Kelebihan produk pada saat panen yang tidak terserap oleh pasar dapat disiasati dengan beberapa pendekatan salah satunya ialah dengan aplikasi dari salah satu bentuk teknologi tepat guna seperti mesin – mesin agroindustri. Selain guna mengubah bentuk demi meningkatkan nilai tambah dari produk pertanian, penggunaan teknologi tepat guna dalam kegiatan budidaya juga akan sangat menentukan, seperti penggunaan bibit unggul dan pupuk, teristimewa pupuk organik yang ramah lingkungan. Sejalan dengan program pemerintah Propinsi Nusa Tenggara Timur dalam tajuk “Anggur Merah” yang bertujuan menjadikan NTT Propinsi Jagung, Koperasi, dan Lumbung Ternak, maka model penyuluhan seperti pendampingan perlu ditransformasikan menjadi bentuk yang lebih sederhana dan menguntungkan seperti kemitraan. Seperti koperasi dan penyuluh dapat menjadi “agent of change” bagi masyarakat di sekitarnya dalam proses adopsi terhadap inovasi – inovasi di bidang pertanian. Hal ini akan sejalan dengan proses pendidikan kepada petani agar menjadi petani modern yang berorientasi kepada pasar.
















BAB III
PENUTUP

A.KESIMPULAN
Ternyata saat ini tekhnologi sangat di butuhkan untuk membantu kita memenuhi kebutuhn sehari-hari. Terlabih lagi Ilmuu kealaman dasar telah membarikan sumbangsi besar bagi perkembangan Tekhnologi yang ada. Bahkan Biotekhnologi yang telah berkembang saat ini telah banyak membantu di bidang pangan,industri, kedokteran, dan lain-lain. Begitu pula Tekhnologi Informasi dan Komunikasi, telah banyak di gunakan olah manusia untuk membantu kehidupan, seperti: telegraf,telfon, bahkan yang sedang populer saat ini, yaitu Internet. Ada pula Tekhnologi Tepat Guna yang telah membantu masyarakat khususnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Dan sebagai mahasiswa sudah seharusnya kita membantu melestarikan atau pun merancang tekhnologi yang lebih baik lagi.

B.SARAN
Sebagai saran kami selaku penulis makalah ini, mengajak seluruh lapisan masyarakat khususnya para mahasiswa untuk senantiasa membuat inivasi baru khususnya dalam bidang Tekhnologi.




PENYUSUN

FEBY TRIADI




DAFTAR PUSTAKA

Khairul. 2008. “Perkembangan Biotekhnologi”                                         http://khairulanam.files.wordpress.com/2010/08/sejarah-perkembangan-bioteknologi.pdf/ diakses 27 februari 2013

ahmad. 2012. “Biotekhnologi”
diakses 27 februari 2013

Sudarman. 2011. “Perkembangan Tekhnologi Penting”
            diakses 27 februari2013,09.49
Kiki. 2009. “Tekhnologi Informasi dan Komunikasi”
 http://khy2sweety.blogspot.com  diakses 28 februari 2013

Yunus. 2001. Perkembangan Tekhnologi. Jakarta: Departeman Pendidikan dan Kebudayaan













DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN                                                                                        
A.    Latar belakang                                                                                                 1                              
B.     Rumusan Masalah                                                                                            1

BAB II PEMBAHASAN
A.    Sejarah perkembangan Tekhnologi Penting                                                      2
B.     Ruang Lingkup Tekhnologi                                                                              6                                                             
C.     Penerapan Apikasi Tekhnologi Penting                                                            10                                                       

BAB III  PENUTUP
A.    Kesimpulan                                                                                                       22
B.     Saran                                                                                                                 22

DAFTAR PUSTAKA                                                                                                            23

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar